17 Tahun Jadi Pilihan Investor Terbukti Aman & Menguntungkan

Depo Air Minum Biru: 17 Tahun Jadi Pilihan Investor Terbukti Aman & Menguntungkan

Sumber: Catalogue Infobrand.id – Halaman 22

Oleh: Hafizh Syarifuddin

166 franchisee telah bergabung dan merasakan keuntungan dari bisnis depo air minum (isi ulang) ini. Bahkan, lebih dari 53 franchisee BIRU memiliki lebih dari satu outlet. Bukti nyata betapa merek ini menjadi pilihan investasi yang aman dan menguntungkan.

Konsisten “Memberikan Kemudahan Hidup Melalui Penyediaan Air Minum yang Sehat, Berkualitas Terbaik, dengan Biaya Ringan” menjadi filosofi bagi BIRU. Filosofi tersebut kini menghatarkan BIRU menjadi investasi pilihan banyak orang baik di Indonesia hingga mancanegara. Tercatat sejak berdiri pada tahun 2002, Gerai BIRU telah mencapai 399 gerai dengan rincian 86 milik BIRU yang tersebar di 16 kota dan 313 gerai milik franchisee yang tersebar di 19 kota.

Hebatnya, selama 17 tahun sebanyak 32 franchisee BIRU telah memperpanjang kontrak kerjasama. Selain itu ada 16 gerai milik franchisee BIRU yang telah mengembangkan gerai standarnya menjadi gerai StandarMax dengan kapasitas produksi 1,5 kali lipat dari gerai standar. Dan ada 6 gerai milik franchisee BIRU yang telah menjadi gerai SuperStore dengan kapasitas produksi 2 kali lipat dari gerai standar.

Di tahun 2019 Yantje Wongso selaku Founder & CEO PT. Biru Semesta Abadi yakin pertumbuhan gerai BIRU mencapai 100 gerai dengan 60 gerai franchisee dan 40 gerai milik sendiri. Untuk mencapai target tersebut, BIRU aktif dalam expo dan mengadakan seminar Bincang Bisnis di berbagai kota.

Menurut Yantje, alasan yang paling mendasari calon franchisee memilih bisnis franchise BIRU adalah karena produk yang dipasarkan merupakan kebutuhan utama. Pendorong pasar yang kedua adalah produk air minum (isi ulang) yang mempunyai kualitas tertinggi, setara dengan air minum pabrikan (AMDK). Ketiga, karena harga produk yang paling murah di pasaran air minum berkualitas terbaik.

Lebih dari itu BIRU terus membangun kompetensi berbasis kualitas terbaik, skala ekonomi biaya, dan kekuatan jaringan. Hal itu memberikan pondasi yang kokoh bagi pertumbuhan di masa mendatang untuk mencapai Visi BIRU. Yantje yakin BIRU akan terus bertumbuh dan meningkatkan diri menjadi yang terdepan di pasar depo air minum (isi ulang) di Indonesia.

Depo Air Minum Biru menawarkan investasi sebesar Rp. 479.260.000,-, di luar lokasi dan renovasi bangunan. Nilai investasi BIRU ini meliputi imbalan waralaba, biaya start-up usaha dan sewa mesin ozon. Biaya investasi diatas adalah untuk mempersiapkan semua peralatan dan operasional gerai sehingga siap beroperasi (start-up cost). Sedangkan imbalan waralaba BIRU saat ini adalah Rp. 80.000.000,- (belum termasuk PPN), dibayarkan satu kali pada saat penandatanganan perjanjian waralaba untuk jangka waktu perjanjian waralaba 10 tahun.

Royalty fee atau imbalan manajemen BIRU adalah sebesar 9% (belum termasuk PPN) dari penjualan Gross Air Minum yang dibayarkan setiap bulan, dibayarkan pada saat penjualan harian mencapai 150 botol galon. BEP usaha franchise secara umum adalah separuh dari jangka waralaba, jadi berkisar 5 tahun. Faktor variasi besaran dana awal yang diperlukan bergantung pada biaya lokasi dan biaya renovasi. -adv

air-minum-biru-infobrand

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *