Coach Han : Makin Bagus dan Besar Bisnis, Makin Nganggur Ownernya

Bandung – Sesi lanjutan coaching dalam event National Gathering Franchise Biru semakin dalam mengajak Franchisee Biru untuk terus berkembang. Coach Han TIGER Budiyono dari BARA Coaching – ActionCOACH Indonesia melanjutkan sesi edukasinya.

“Perlu anda ketahui, bisnis yang bagus adalah semakin besar bisnisnya, semakin nganggur ownernya,” kata Coach Han, sapaan akrabnya, di Bidakara Grand Savoy Homann Bandung, Sabtu (14/04/18).

Untuk itulah, lanjut coach Han, pebisnis perlu menciptakan environment yang bagus melalui budaya kerja yang kuat. Hal ini adalah salah satu skill utama yang harus dikembangkan seorang pebisnis.

Bisnis yang sukses juga akan mengembangkan competitive advantage yang menjadi kekuatan daya saing bisnis tersebut.

Ada lima hal utama dalam competitive advantage yang harus dimiliki sebuah bisnis. Yang pertama adalah unik, selanjutnya bisa diterapkan dalam berbagai situasi, awet, lebih baik dari pesaing, dan sulit dijiplak/ditiru.

Kunci utama yang adalah konsekuensi logis dari semua bisnis yang berkembang adalah bagaimana mendapatkan best people. Merekrut orang terbaik menjadi bagian yang tak terpisahkan yang harus dikerjakan oleh pebisnis.

Coach Han menyebut ada empat hal yang perlu diperhatikan dalam merekrut orang terbaik. “Perhatikan body, mind, heart dan spirit. Dua hal terakhir merupakan komponen penting yang utama dalam hire the best people,” tutur coach Han.

Proses rekrutmen yang berhasil mendapatkan orang yang terbaik yang kemudian diikuti dengan training berkelanjutan akan menghasilkan tim yang terbaik. Sehingga akan tercipta culture dalam sebuah environment bisnis dalam bekerja yang terbaik.

Coach Han mengingatkan bahwa rekrutmen, training dan culture adalah bagian dari bisnis yang mau tidak mau harus dikerjakan.

Coach Han juga membagikan sejumlah trik dalam proses rekrutmen sehingga mendapatkan orang terbaik. Salah satunya, dengan tidak terburu-buru dalam proses rekrutmen. Selain itu, saat interview bisa melibatkan beberapa pewancara lain. Serta selalu melakukan rekrutmen meskipun tidak dalam kondisi membutuhkan.

Coach Han juga mengajak franchisee Biru untuk terus berkembang dengan memiliki semangat “ready to be a rich”.

Langkah untuk menjadi kaya adalah dengan menetapkan Dream yang akan dicapai dalam 10 tahun kedepan. Lalu memantapkan goal yang harus dicapai dalam satu rentang waktu.

Setelah itu, franchisee Biru diharapkan segera melakukan perencanaan/plan guna mencapai goal. Yang terakhir, segera melakukan action dari plan yang ditetapkan.

“Franchise adalah bisnis. Karena itu tinjaulah bisnis anda dan segera buat plan anda. Identifikasi semua yang perlu dilakukan dan jadikan itu culture dalam bisnis,” tegas coach Han mengakhiri sesi hari kedua National Gathering Franchise Biru di Bandung. (YW)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *